-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

IKLAN ATAS TAMPIL HP

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Audensi Bersama Mentan RI, Paparan Sekda Zulfinasran Yakinkan, Pemerintah Parigi Moutong Bisa Menjadi Kabupaten Penyangga IKN

Rabu, 06 Desember 2023 | Desember 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-06T10:08:19Z

harianpalu.com - Parimo, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong diPimpin Sekertaris Daerah Zulfinasran Tiangso, S.STP, M. A.P Pimpin rombongan Audensi dengan Menteri Pertanian (Mentan) RI diruang Kerjanya, Jakarta Selasa (5/12/2023). 

Mendapat Mandat dari Pj. Bupati, dalam Audensi Sekda Zulfinasran Paparkan sejumlah potensi dibidang pertanian dan peternakan yang dimiliki oleh Kabupaten Parigi Moutong. 

Diantaranya dari Paparan tersebut Sekda Zulfinasran menjelaskan Kepada Mentan RI Andi Amran Sulaiman, dengan Luas Wilayah 6.231.85, Km² dan Jumlah Penduduk 446.712 Jiwa menjadi wilayah yang Luas dan penduduk terbanyak untuk di provinsi Sulawesi Tengah, Sekda meyakinkan Kabupaten Parigi Moutong bisa menjadi Salah satu Daerah penyangga Ibu Kota Negara Baru (IKN), hal ini tentu berdampak pada kesejahteraan Masyarakat diParigi Moutong. 

"Kami memiliki hasil Produksi Pertanian dan Perkebunan kurang lebih 152.313 Ton diTahun 2022, dan berharap Pak mentan bisa mendukung bahwa surplus daerah kami bisa sebagai penyangga Pangan IKN Baru, " Tutur Sekda. 

Plt. Kadis TPHP Sunarti mengatakan apa yang telah dipaparkan Sekda juga mendapat Respon Baik dari Mentan RI usai pemaparan. 

Sunarti menuturkan Mentan RI berharap Kabupaten Parigi Moutong harus menjadi Penyangga Ibu Kota Negara Baru Nantinya. 

"Sebagai bentuk dukunganya, mentan akan memberi Sumbangsi berupa Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan), Benih, pupuk serta Ternak ternak kepada Kabupaten Parigi Moutong Kedepan, kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik, " Ucapnya. 

Mengenai komuditas, mentan berharap Parigi Moutong harus Surplus pada pemBudidayaan Padi, Jagung, Durian dan juga peternakan. 

"saya berharap Buah Durian yang menjadi unggulan Parimo bisa mendominasi pasar IKN nantinya dan tidak dimasuki oleh daerah lain maupun Negara Lainya, " Pinta Mentan Andi Amran Sulaiman. 

Sebut Sunarti, mentan RI berharap kelestariannya juga tetap terus dijaga, ia pun menjanjikan pihak kementrian akan membantu pengembangan Pertanian diParimo kedepan baik dari segi pendanaan maupun Alsintan pendukung, "Pungkasnya.

Audensi itu juga dihadiri beberapa pejabat Terkait Kabupaten Parigi Moutong diantaranya Wakil Ketua I Faisan BaDja, Wakil Ketua II Alfred tunggiro, dan Sekwan DPRD Parmout, Kepala Bappelitbangda, Plt. Kadis TPHP serta jajarannya, dan Perwakilan Masyarakat Tani Parmout. 


Sumber : Subag. Dokumentasi Pimpinan

Foto : Dinas TPHP Parigi Moutong

Editor : Azwar

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini