-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

IKLAN ATAS TAMPIL HP

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Terima Kunjungan Dubes Maroko, Gubernur : Sulteng Miliki Banyak Potensi Untuk Investasi

Jumat, 01 September 2023 | September 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-01T13:11:56Z

harianpalu.com - Palu, Sulawesi Tengah - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura didampingi Unsur Forkopimda, Asisten, Staf Ahli Gubernur, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Biro dan pejabat terkait lainya lingkup pemerintah Provinsi Sulteng menerima kunjungan Duta Besar Maroko bersama rombongan. Bertempat, di Gedung Pogombo Kantor Gubernur.Kamis,31/8/2023.

Kunjungan Dubes Maroko ke Negeri Seribu Megalith tersebut dalam rangka silaturahmi sekaligus memenuhi undangan Gubernur Rusdy Mastura serta peningkatan kerjasama dengan Provinsi Sulawesi Tengah.

Mengawali sambutanya, Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan ucapan selamat datang kepada duta besar maroko untuk indonesia Ouadia Benabdellah di Provinsi Sulawesi Tengah, Negeri Seribu Megalith.

Selanjutnya, Gubernur menjelaskan, Provinsi Sulawesi Tengah, terletak dibagian tengah pulau sulawesi, dengan luas wilayah sebesar 61.841,29 km². Provinsi yang beribukota di kota palu ini, dikarunia dengan keindahan alam yang luar biasa. beragam suku bangsa, yang hidup berdampingan dengan harmonis. budaya dan tradisi mereka tercermin dalam seni, tarian, dan musik tradisional yang unik dan menarik.

 "Saya yakin, bahwa keberagaman budaya adalah salah satu kekayaan terbesar sulawesi tengah."terang Gubernur.

Ia juga menuturkan bahwa pada triwulan I tahun 2023 Sulawesi Tengah berhasil mencatat realisasi investasi sebesar 29,82 triliun. realisasi investasi ini berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 28,84 triliun atau 96,71 persen dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) 0,98 triliun atau sekitar 3,29 persen. 

"Salah satu sektor yang menjadi andalan adalah sektor industri, khususnya industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya, yang menyumbang nilai realisasi investasi terbesar, yakni, 23,26 triliun, atau 80,65 persen."jelasnya.

Menurutnya, realisasi investasi ini menjadi indikator bahwa, Sulawesi Tengah merupakan daerah yang menarik dan menguntungkan bagi para investor, baik dari dalam maupun luar negeri. hal ini, menunjukkan bahwa pemerintah Sulawesi Tengah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya dan kemudahan, bagi para investor untuk berinvestasi di daerah ini.

Kemudian, disektor pertanian dan perkebunan. sulawesi tengah memiliki lahan yang subur, dan iklim yang mendukung, untuk pengembangan komoditas utama seperti kelapa sawit, kakao, kopi, karet, dan buah-buahan tropis. potensi pasar yang besar, dan dukungan pemerintah yang kuat menjadikan investasi disektor ini sangatlah menjanjikan.

Lanjutnya, Sektor lain yang tidak kalah potensial adalah sektor pariwisata. Sulawesi Tengah memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa, keberadaan situs budaya patung megalith, danau poso, taman nasional lore lindu, pulau togean, pulau banggai, serta keindahan pesisir pantai dengan hamparan pasir putih, dan kekayaan bawah laut yang menakjubkan, menjadikan investasi disektor pariwisata akan memberikan peluang besar untuk pembangunan dan pengembangan hotel, resor, restoran, dan fasilitas wisata lainnya. 

Untuk itu, beliau juga mengajak duta besar maroko Ouadia Benabdellah, kiranya dapat memanfaatkan peluang investasi di Sulawesi Tengah. 

"Mari kita jadikan sulawesi tengah sebagai tempat yang nyaman, maju, dan sejahtera bagi kita semua."tutupnya

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng 

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini