-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

IKLAN ATAS TAMPIL HP

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Tekan Inflasi, Pemkab Parigi Moutong Canangkan Gerakan Tanam Cabe

Kamis, 23 November 2023 | November 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-23T16:02:11Z

harianpalu.com - Parigi Moutong, Guna menekan angka infalsi, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Parigi Moutong mencanangkan gerakan tanam cabe di Desa Sakinah Jaya, Kecamatan Parigi Utara. Kamis (23/11/2023).

Penanaman dilakukan secara simbolis oleh Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia Pengembangan Kawasan Dan Wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Armin, dalam hal ini mewakili Pj Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo, bersama sejumlah Forkopimda dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong.

Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia Pengembangan Kawasan Dan Wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Armin mengatakan program itu merupakan program Nasional pengendalian inflasi pangan (GMPIP) yang merupakan tindak lanjut dari arahan bapak Presiden Republik Indonesia dalam rapat kerja nasional pengendalian inflasi.

"Ini merupakan langka strategis antara tim pengengendalian inflasi daerah untuk menekan angka inflasi. Dimana faktor yang sangat seknifikan yaitu ketahanan pangan penting kita lakukan untuk mengatur keseimbangan suplai bahan makanan daerah, ketersediaan harga pangan serta jalur distribusi yang merupakan suatu hal yang harus terus diperhatikan dalam pengendalian harga pangan.

Untuk itu diharapkan, gerakan tanam cabe dikelompok wanita tani desa sakinah jaya, kecamatan Parigi Utara itu dapat memberi dampak pada pengendalian inflasi dimana kelompok wanita tani desa sakinah jaya nantinya akan diberikan pendampingan terkait dengan budidaya sampai pasca panen, yang pada hasilnya nanti selain untuk kebutuhan cadangan pangan keluarga (konsumsi rumah tangga) dapat juga dijual ketika produksinya tinggi sehingga dapat menstabilkan harga pasar ketika panen melimpah.

Masih di kegiatan yang sama, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Parigi Moutong, Nurhidayah Rahma menyampaikan. Perihal terkait inflasi saat ini dari setiap Provinsi bahkan level Nasional inflasi kita cukup tinggi, namun kita perlu bersyukur karena dalam hal penanganan inflasi Kabupaten Parigi Moutong saat ini masih tergolong stabil.

Sementara itu, Camat Parigi Utara, Muhtar Putia meyakini bahwa kegiatan itu akan memberikan kontribusi nilai positif kepada kecamatan Parigi Utara, khususnya desa sakinah jaya terkait dengan inflasi.

"Selaku Pemerintah Kecamatan sekali lagi mengucapkan terimakasih kepada OPD atau Pemerintah Daerah telah memplotkan kegiatan ini yang ada di kecamatan Parigi Utara," ungkapnya. 

Sumber : DINAS KOMINFO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini