-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

IKLAN ATAS TAMPIL HP

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Forum Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2024-2025

Selasa, 12 Desember 2023 | Desember 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-15T01:27:50Z

harianpalu.com, PARIGI MOUTONG - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2024-2025. Dalam rangka penyusunan dokumen rancangan awal RPJPD Kabupaten Parigi Moutong tahun 2024-2025. Bertempat di Auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong. Senin (11/12/2023).

Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo menghadiri langsung kegiatan itu dalam sambutannya mengatakan 

Forum Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Rancangan Awal RPJPD merupakan tahapan wajib yang harus dilakukan untuk penyempurnaan tahapan awal RPJPD, dimana dalam pelaksanaannya melibatkan partisipasi masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam merumuskan rancangan visi, misi dan arah kebijakan pembangunan daerah untuk kurun waktu 20 tahun.

"Dalam penyusunan RPJPD tidak harus mengambil isu berkembang di Kabupaten saja melainkan isu-isu Nasional terkait literasi digital, tingkat kemiskinan, kualitas pendidikan, jaminan sosial, kepastian dan penegakan hukum serta perpindahan Ibu Kota Negara. RPJPD yang kita susun harus selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional dimana pemerintah Indonesia ingin mewujudkan Indonesia emas 2024," ungkapnya.

Masih dikesempatan yang sama, Pj Bupati mengatakan berdasarkan catatan dari evaluasi capaian indikator makro pembangunan selama RPJPD Kabupaten Parigi Moutong tahun 2024-2025 secara umum indikator makro pembangunan Parigi Moutong membaik, tetapi masih ada pekerjaan rumah yang harus dituntaskan terutama terkait peningkatan indeks pembangunan manusia. Salah satu modal dasar pembangunan di Daerah adalah Sumber Daya Manusia yang berdaya saing tentu peningkatan SDM di daerah yang produktif serta menguasai digitalisasi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Pj Bupati menekankan pentingnya SDM yang produktif dan memiliki daya saing, karena hal itu merupakan kunci pembangunan untuk mengelola SDA dengan memanfaatkan teknologi maju.

"Pembangunan SDM adalah hal yang tidak dapat ditawar agar Parigi Moutong benar-benar mampu menyongsong Indonesia Emas tahun 2024," jelasnya.

Dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal penyusunan RPJPD tersebut melibatkan seluruh Camat dan Kepala Desa Se Kabupaten Parigi Moutong serta Tokoh Agama dan Tokoh Pemekaran Kabupaten Parigi Moutong.

Sumber : DINAS KOMINFO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini