-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

IKLAN ATAS TAMPIL HP

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Rapat Kerja Bupati Bersama Camat, Kepala Desa/Lurah, Ketua TP-PKK Kecamatan dan Ketua TP-PKK Desa/Kelurahan Se Kabupaten Parigi Moutong

Selasa, 12 Desember 2023 | Desember 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-12T13:43:16Z

harianpalu.com, PARIGI MOUTONG - Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo menghadiri sekaligus membuka dengan resmi rapat kerja Bupati bersama Camat, Kepala Desa/Lurah, Ketua TP-PKK Kecamatan dan Ketua TP-PKK Desa/Kelurahan Se Kabupaten Parigi Moutong. Bertempat di Auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong. Selasa (12/12/2023).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo mengatakan optimalisasi peran serta masyarakat dalam pembangunan terutama di Desa harus dapat dilakukan oleh Pemerintah Desa. Dengan pengolahan Dana Desa kurang lebih 1 milyar satu Desa seharusnya dapat mengurangi jumlah penduduk miskin, mengurangi angka stanting yang ada di Desa.

Dikatakannya, Desa diharapkan memiliki inovasi dalam memanfaatkan potensi yang ada di desanya oleh karena itu diperlukan sinergitas yang baik dari setiap elemen yang ada di Desa, Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa harus bersinergi dalam mewujudkan percepatan pembangunan di Kabupaten Parigi Moutong.

"Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam hal ini tim penggerak PKK desa sebagai mitra Pemerintah Desa dalam perencanaan dan pembangunan Desa perlu ditingkatkan, Lembaga Kemasyarakatan Desa seperti LPMD memiliki peran penting dalam perencanaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Karang Taruna Desa berperan dalam peningkatan kesejahteraan sosial Desa, posyandu sebagai penyelenggara usaha kesehatan serta PKK bertanggung jawab dalam pembicaraan kesejahteraan keluarga," jelasnya.

Selanjutnya, Pj Bupati mengajak agar melalui penganggaran ketahanan pangan nabati dan hewani yang ada di Desa, bersama-sama kita sukseskan gerakan menanam cabe di pekarangan rumah sebagai bentuk bagian dari pencegahan inflasi yang sedang dialami sekarang. 

Masih di kesempatan yang sama, Pj Bupati juga menyerukan pemanfaatan posyandu sebagai pos pelayanan terpadu tidak saja dalam hal layanan kesehatan ibu hamil, bayi balita, remaja dan lansia tetapi sebagai layanan sosial dasar termasuk didalamnya untuk pencegahan stanting baik spesifik dan sensitif.

"Karena Tim Percepatan Penurunan Stanting (TPPS) di tingkat Desa sudah terbentuk dan ketua nya adalah ketua TP-PKK Desa saya minta agar sudah mulai aktif bersinergi dengan TPPS Kecamatan dan Kabupaten. Saya minta Pemerintah Desa agar memprioritaskan Dana Desa untuk percepatan penanggulangan stanting dan kemiskinan ekstrim di desanya dan juga saya ingatkan kepada Pemerintah Desa dalam hal ini Kepala Desa agar mengelola Dana Desa secara akuntabel dan bertanggungjawab" jelasnya.

Sumber : DINAS KOMINFO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini