-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

IKLAN ATAS TAMPIL HP

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Tingkatkan Teknik dan Mekanisme Penyusunan Produk Hukum Daerah, Bagian Hukum Setda Gelar Sosialisasi

Rabu, 06 Desember 2023 | Desember 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-06T10:00:00Z

harianpalu.com - Parimo, Agar Organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Parigi moutong, dapat memahami dan mengimplementasikan, teknis dan mekanisme penyusunan produk hukum daerah Bagian Hukum dan Perundang undangan Sekretariat Daerah menggelar Sosialisasi Penyusunan Produk Hukum Daerah.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka, Asisten Asisten Administrasi Umum Setda Kab parigi Moutong, Yusnaeni S. Sos di aula pertemuan Hotel Ekonomi Bambalemo (04/12/2023).

Yusnaeni dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini bermaksud untuk meningkatkan pemahaman terhadap proses tahapan dan mekanisme pembentukan produk hukum daerah sehingga menghasilkan produk hukum daerah yang inovatif, aspiratif, efektif dan implementatif melalui terpenuhinya syarat formil dan material.

Lanjut Yusnaeni salah satu ciri khas daerah otonom ialah membuat kebijakan yang tertuang dalam peraturan perundang undangan sebagai dasar yuridis dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, baik dalam rangka otonomi daerah maupun atribusi atau pelimpahan dari perundangan yang lebih tinggi yang memberikan kewenangan kepada daerah untuk mengaturnya dalam peraturan perundangnundangan tingkat daerah dan hal ini disebut sebagai produk hukum daerah.

“ saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman serta menyatukan pandangan terkait peraturan perundang undangan tentang cara pembetukan produk hukum daerah “ Ucap Yusnaeni.

Sementara itu Moh Asyur, SH Kepala Sub Bagian Perundang undangan bagian hukum dan perundang undangan setda kabupaten parigi moutong dalam laporannya mengatakan sosialisasi pembentukan produk hukum daerah tahun 2023 ini mengangkat tema " Dengan semangat undang undang nomor 13 tahun 2022 kita dapat mewujudkan produk hukum daerah yang baik, aspiratif, responsif dan adaptif " 

Melalui tema tersebut harap Asyur para peserta yang terdiri dari semua OPD dilingkup Pemda Parigi Moutong minus kecamatan dapat benar benar memahami penyusunan dan pembentukan produk hukun daerah yang bersifat aspiratif, responsif serta adaptif.

“agar peserta dapat memahami betul tentang pembentukan produk hukum daerah kami mendatangkan pemateri Kabid perundang undangan dari kanwil kemenkumham Sulteng I Putu Darmayasa, SH, MH serta Kabag perundang undangan kabupaten sulawesi tengah Esti Nuryani, SH, MH” ungkap Moh Asyur.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini