-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

IKLAN ATAS TAMPIL HP

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Pencanangan Kawasan Sentra Produksi Ternak (KTSP) Kecamatan Parigi Selatan

Sabtu, 16 Desember 2023 | Desember 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-16T10:38:46Z

harianpalu.com, PARIGI MOUTONG - Dalam rangka menggali potensi sektor peternakan berbasis kawasan, Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Parigi Moutong mencanangkan Kawasan Sentra Produksi Ternak (KSPT) Parigi Selatan. Bertempat di Sekretariat Kelompok Tani Harapan Baru II, Dusun III Gunung Mulya Desa Sumber Sari, Jumat (15/12/2023).

Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo dengan resmi mencanangkan KSPT Kecamatan Parigi Selatan, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan KSPT sebagai salah satu langkah kongkret didalam pengendalian inflasi, penurunan angka kemiskinan ekstrim dan penurunan prevalensi stanting.

Olehnya, Pj Bupati menghimbau agar OPD terkait Pemerintah Desa, Stakeholder terutama kelompok peternak agar bersinergi dan berkolaborasi dalam pengembangan kawasan sentra produksi ternak yang telah dicanangkan dan mewujudkan pembangunan pada sub sektor peternakan.

"Kami sangat berharap bahwa kawasan sentra produksi ternak ini menjadi pilot project untuk membentuk kawasan-kawasan sentra produksi ternak lainnya di Wilayah Kabupaten Parigi Moutong," jelasnya.

Sebagai Pemerintah Daerah saya menghimbau agar OPD terkait, Pemerintah Desa, stakeholder terutama kelompok peternak agar bersinergi dan berkolaborasi dalam pengembangan kawasan sentra.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Parigi Moutong, Normawati M Said melaporkan yang melatar belakangi kegiatan itu dimana dalam rangka ikut serta mewujudkan peningkatan pertumbuhan ekonomi khususnya pada sektor peternakan.

Dikatakannya, setiap program yang dilaksanakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Parigi Moutong bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan asal hewani dan meningkatnya kebutuhan pangan asal hewani tersebut sehingga terus berupaya guna meningkatkan populasi ternak dan produksi daging serta telur.

"Saat ini populasi ternak sapi di Kabupaten Parigi Moutong mencapai 35.482 ekor berdasarkan data tahun 2022 yang tersebar di 23 Kecamatan dengan populasi tertinggi berada di Kecamatan Moutong, kemudian di Kecamatan Bolano Lambunu dan yang ketiga Kecamatan Parigi Selatan sebanyak 2.650 ekor," ungkapnya.

Dijelaskannya, beberapa pertandingan menetapkan KSPT, dimana Kecamatan Parigi Selatan termasuk urutan ketiga populasi ternak sapi di Kabupaten Parigi Moutong, kemudian jarak yang cukup dekat dengan ibukota Kabupaten sehingga memudahkan untuk interfensi program, serta di Kecamatan Parigi Selatan memiliki lima pertanian yang cukup berlimpah untuk kebutuhan pakan ternak sapi.

Selain itu, di Kecamatan Parigi Moutong terdapat beberapa kelompok yang aktif dalam pengembangan produksi pupuk organik cair maupun padat yang bersumber dari kotoran ternak.

Sumber : DINAS KOMINFO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini